Sabtu, 08 November 2014

5 Langkah Membuat Melodi

Kunci kesuksesan menulis lagu hits adalah: lagu Anda ngena ke pendengar.
Semakin banyak orang yang ngena ketika mendengar lagu Anda, semakin besar keuntungan yang bisa Anda dapatkan, baik dari segi finansial atau ketenaran. Karena itu, Anda harus memusatkan tenaga Anda untuk membuat lagu yang ngena.
Pertanyaannya adalah: bagaimana cara membuat lagu yang ngena?
Untuk membuat lagu yang bisa menyentuh hati paling dalam para pendengar, perhatikanlah dua hal berikut: lirik dan melodi.
Seorang pendengar awam paling memperhatikan kedua hal ini. Mereka suka suatu lagu karena liriknya ngena untuk mereka, dan/atau melodinya simpel, enak didengar, dan mudah diingat.
Saya sudah membahas cara membuat lirik di tutorial sebelumnya. Sekarang pertanyaannya menjadi:bagaimana cara membuat melodi yang ngena?
Berikut adalah urutan langkah-langkahnya:

1. Pelajari dasar-dasar nada melodi

Banyak member komunitas Mahir Menulis Lagu yang belum memiliki dasar-dasar melodi. Bila Anda tidak punya dasar ini, sulit untuk menulis nada yang enak didengar (walaupun ada orang-orang yang “terlahir” dengan bakat membuat nada tanpa harus mengerti dasar-dasarnya).

2. Buatlah melodi berdasarkan lirik

Ada banyak cara Anda bisa mulai membuat lagu, tapi saya paling suka mulai dari menulis liriknya dulu. Hal ini karena dengan menulis liriknya dulu, Anda membentuk ceritanya dulu, sehingga lagu Anda menjadi lebih jelas arahnya dan begitu juga pesan yang ingin disampaikan.
Setelah Anda membuat lirik, Anda bisa “menebak” melodi berdasarkan lirik yang sudah ditulis. Setiap bahasa, bahkan setiap kata memiliki nadanya sendiri. Hal ini disebut intonasi.
Sebenarnya sudah ada melodi alamiah yang terkandung dalam intonasi lirik Anda – yang perlu Anda lakukan hanyalah mempelajari caranya “menerjemahkan” intonasi itu menjadi nada melodi.

3. Kembangkan melodi supaya lebih ngena

Setelah Anda mendapatkan melodi “dasar” dari intonasi alamiah lirik Anda, tahap selanjutnya adalah mengembangkan melodi tersebut supaya lebih enak didengar.
Ada banyak cara untuk “permak” melodi Anda, atau bahasa Sundanya: melodic development.
Salah satunya adalah dengan membuat melodi intro yang langsung “nancep”. Ini adalah ciri-ciri umum lagu hits: mereka cenderung membuka lagu dengan heboh. Karena itu, ada baiknya Anda juga belajar caranya membuat intro lagu yang meledak-ledak:
Baca tutorial lengkapnya: 5 Cara Membuka Lagu Anda Dengan Heboh
Selain di intro, Anda bisa juga membuat melodi improvisasi. Biasanya, melodi yang diimprov ini terletak di bagian-bagian lagu tertentu, seperti di interlude atau di bagian kosong antara vokal.
Hal ini dilakukan supaya lagu Anda selalu menarik, karena selalu ada “kejadian” di setiap detik.

4. Contoh kasus melodi yang “sempurna”

Sebenarnya yang saya lakukan di seluruh tutorial hanyalah mengamati lagu-lagu yang sedang hits, dan mencoba “membongkar” bahan-bahan apa saja yang membuatnya menjadi resep lagu hits.
Karena itu, salah satu kebiasaan yang bisa Anda mulai hari ini untuk meningkatkan skill menulis lagu Anda adalah mendengarkan lagu-lagu hits, terutama dari segi melodinya.
Kalau Anda perhatikan, ada sebuah “formula” atau resep andalan yang dipakai para lagu hits tersebut. Anda tinggal memakai formula yang sama, dan menerapkannya ke lagu Anda untuk menulis melodi yang “sempurna”.
Saya menjelaskan lebih lengkap tentang cara “mencontek” lagu artis lain untuk mempermudah membuat melodi Anda sendiri dalam kursus “Cara Cepat Menulis Lagu dengan Sistem Mindmap 4 Kata”.

5. Terus kembangkan melodi Anda

Ingat motto ini: “sebuah karya seni tidak pernah selesai – tapi selalu dirilis!”
Jangan mengira melodi pertama yang Anda dapatkan adalah yang paling bagus. Selalu bertanya, “Apa melodi ini bisa lebih bagus? Apa melodinya bisa lebih mengeluarkan emosi dalam liriknya?”
Dalam hampir semua kasus, Anda selalu bisa membuatnya lebih baik. Namun, jangan jadi terjebak juga dan tak kunjung selesai-selesai mengedit melodi. Anda harus punya deadline kapan saatnya merilis karya Anda ke khalayak umum, karena toh Anda menulis lagu supaya didengar orang lain, bukan?
sumber:http://mahirmenulislagu.com/cara-membuat-melodi/

Langkah Membuat Lirik Lagu

lirik adalah senjata paling kuat yang dimiliki pembuat lagu. Coba tanya ke teman Anda, apa yang dia sukai dari lagu favoritnya?
Jawabannya ada 2 kemungkinan: vokalnya enak atauliriknya dalem.
Lirik adalah cara Anda menyampaikan pesan dalam lagu Anda, melalui rangkaian cerita. Cerita inilah yang dicari oleh pendengar dalam lagu Anda – mereka ingin merasakan emosinya.
Walau kadang bisa terasa sangat susah, membuat lirik itu mudah. Yang tidak mudah adalah membuat lirik yang pas di hati para pendengar Anda.
Karena itu, saya memberikan jurus-jurus sakti yang sering saya pakai dalam lagu sendiri. Inilah jurus yang telah menghasilkan lagu-lagu yang memenangkan penghargaan, finalis lomba, dan dilirik oleh artis major label.
Kumpulan jurus-jurus ini bisa Anda jadikan Kitab Jurus Sakti Anda sendiri. Ketika Anda sedang buntu, kehabisan ide, silakan gunakan metode step-by-step berikut supaya Anda tidak pernah kehabisan akal lagi!

1. Pilihlah tema lagu

Langkah pertama selalu dimulai dari tema, atau ide atau konsep. Semakin matang konsep yang Anda ramu di awal, semakin bernyawa lagu Anda jadinya di akhir.
Disini saya sarankan: berusahalah berpikir out of the box. Masih banyak tema lain selain tema cinta. Kalaupun Anda akan membuat tema cinta, coba cari sudut pandang yang berbeda dari umumnya.

2. Buatlah kerangka cerita

Kalau Anda melewatkan langkah ini, lagu Anda bisa terdengar monoton atau membosankan atau biasa biasa saja. Akibatnya, mungkin ada yang mendengarnya dan suka, tapi tidak sampai membeli atau menjadi penggemar Anda.
Membuat kerangka cerita sama seperti membangun fondasi dan pilar sebuah rumah. Kerangka inilah yang akan mendukung tema utama Anda. Lagu yang ada kerangka ceritanya, akan memiliki identitas yang kuat.

3. Buat judul yang khas

Dari kerangka ceritanya, Anda bisa menentukan judul. Jangan Anda anggap remeh judul lagu, karena judul memegang peranan yang sangat penting.
Judul lagu adalah momen pertama dimana Anda bisa memperlihatkan bahwa karya Anda beda dari yang lain. Saat pembuat lagu yang lain menggunakan judul yang “pasaran”, Anda muncul dengan judul yang khas sehingga langsung menarik perhatian calon pendengar.

4. Tulis lirik Anda (pilih kosakatanya)

Anda sudah punya tema. Anda sudah bangun kerangka ceritanya. Anda juga sudah punya judul khas.
Sekarang saatnya Anda tulis lirik lagu Anda. Disinilah kreativitas Anda berperan. Disinilah Anda menunjukkan kenapa Anda berbeda dari pembuat-pembuat lagu yang lain.
Ada berbagai teknik yang bisa dilakukan untuk membuat lirik. Salah satu teknik favorit saya adalah menggunakan peta pikiran atau mind map. Mind map ini sangat efektif, karena melatih otak Anda berpikir luas saat mencari kata-kata yang tepat.
*Anda bisa mendapatkan step-by-step lebih lengkap tentang membuat lagu dari A sampai Z dalam tutorial saya Cara Membuat Lagu Menggunakan Sistem Mindmap 4 Kata.

5. Gunakan lirik yang visual, naratif, dan deskriptif

Disinilah perbedaan Anda dengan pembuat lagu yang lain. Banyak sekali pembuat lagu Indonesia yang tidak memakai lirik visual dalam lagu mereka. Akibatnya, lagu mereka terasa ada yang kurang, hambar, atau tidak bernyawa.
Lirik visual (atau naratif/deskriptif) adalah lirik yang membuat pendengar bisa membayangkan lagu Anda seperti film: lengkap dengan adegan laga, cinta, dan drama yang menegangkan.
Kalau Anda bisa menguasai sedikit saja lirik visual, itu akan membuat Anda jauh jauh lebih mahir membuat lagu dibanding kebanyakan orang di luar sana yang bermalas-malasan tapi berharap lagunya akan dibeli orang atau artis major label.
Karena itu, gunakanlah lirik visual! Ini adalah senjata ampuh yang dipakai artis kaliber internasional seperti Taylor Swift (yang menghasilkan lebih dari US$50 Juta selama 2012!), tapi jarang dipakai pembuat lagu dalam negeri.
Baca tutorial lengkapnya:
  1. Empat Cara Menggaet Perhatian Pendengar Anda dengan Lirik Visual
  2. Sensory Songwriting: Rangsang Emosi Pendengar Anda Melalui ke-5 Panca Inderanya

6. Rapikan lirik

Sampailah Anda di langkah yang terakhir: merapikan lirik.
Lirik yang sudah Anda buat sejauh ini belum tentu sudah selesai. Anda selalu bisa membuatnya lebih baik. Ingat apa yang dikatakan The Edge, gitaris band U2:
“Lagu kami tidak pernah selesai; tapi selalu dirilis!”
Anda jangan cepat puas dulu. Cuma karena Anda punya seonggok lirik, bukan berarti itu enak dinyanyikan. Bukan berarti lirik Anda akan membuat orang langsung ngefans dengan lagu Anda.

OUIJA, PAPAN PERMAINAN PEMANGGIL ARWAH

Papan Ouija atau orang-orang Eropa dan Amerika sering menyebutnya sebagai "Spirit of The Coin" atau "Papan Semangat" adalah satu diantara sekian banyak urban legend tentang permainan pemanggil roh atau arwah yang ada di muka bumi ini. Dalam bahasa Indonesia, Papan Ouija dapat diartikan sebagai sebuah papan permainan yang digunakan sebagai medium untuk memanggil roh atau arwah.

Papan Ouija merupakan sejenis pemujaan atau cara untuk berkomunikasi dengan roh atau arwah. Asal muasal Papan Ouija itu sendiri berasal dari dataran China pada masa Kekaisaran Dinasti Song yang digunakan untuk menghubungi orang yang telah mati ataupun roh. 

Dalam Papan Ouija, terdapat huruf abjad mulai dari A sampai Z, kemudian penomeran mulai dari 0 sampai9, terdapat juga kata "YES", "NO", "HOME" dan "GOOD BYE". Untuk bentuk dari Papan Ouija dan Simbol-simbolnya hampir sama seperti suatu produk yang terdapat dan pernah dibuat oleh Hasbro Inc. (suatu merek dagangan "papan permainan" yang terdaftar sejak tahun 1991).

Permainan HantuJika Anda ingin mencoba permainan ini, maka Anda harus menyiapkan beberapa alat atau benda sebagai persyaratannya seperti, sebuah koin atau uang logam atau gelas kecil atau benda kecil apa saja juga bisa yang nantinya akan dijadikan sebagai penunjuk, sebatang lilin (ada yang mengatakan lebih bagus jika lilin merah), serta sebuah papan atau meja atau kertas juga bisa, namun telah di lukis simbol-simbol untuk permainan Ouija.

Untuk memulai permainan Ouija dibutuhkan pencahayaan atau suatu lokasi yang remang-remang, sepi, terlebih jika dilakukan pada tengah malam. Jika semua syarat telah terpenuhi maka bisa segera memulai permainan ini, caranya:

Letakkan koin tadi di atas papan yang telah diberi simbol-simbol Ouija tepat di tengahnya, kemudian taruh sebuah lilin yang telah dinyalakan di sebelah papan tersebut. Untuk memanggil roh atau arwah agar mau masuk dan ikut ke dalam permainannya, kita diharuskan membacakan sebuah mantra pemanggilnya seperti ini:

"Spirit, spirit of the coin... Spirit, spirit of the coin... Spirit, spirit of the coin... Please come out and play with us!"

Dalam terjemahannya kurang lebih seperti ini:

"Roh, roh yang ada dalam koin... Roh, roh yang ada dalam koin... Roh, roh yang ada dalam koin... Tolong keluarlah dan bermain bersama kami!"

Permainan Hantu
Orang-orang Jepang menyebutnya "Kokkuri San"
Mantra tersebut dibaca sembari menempelkan telunjuk jari Anda pada koin di atas, jangan lupa gerakkan memutar secara perlahan dan sangat pelan. Anda dapat membaca mantra di atas berulang-ulang sampai kedatangan roh dapat dirasakan, biasanya ditandai dengan koin mulai terasa berat saat Anda gerakkan.

Jika Anda sudah merasa siap, maka mulailah melemparkan pertanyaan-pertanyaan kepada roh atau arwah yang telah datang. Karena ini hanyalah sebagai permainan, maka pertanyaannya juga harus relevan, jangan bertanya perihal togel, ramalan, sihir, dan sejenisnya. Kalau ingin bertanya soal togel, lebih baik di lapak-lapak yang menjual togel hehehe.

Hal ini dikhawatirkan akan berdampak negatif pada Anda ke depannya misalnya, roh tersebut tidak ingin pulang, akan mengikuti Anda, atau bisa berbalik mengganggu Anda. Bermainlah dengan melemparkan pertanyaan-pertanyaan sampai Anda merasa bosan. Anda dapat melakukannya sendirian atau bersama 2 sampai 4 orang, jangan terlalu ramai karena kemungkinan gagalnya besar.

Sekiranya Anda sudah selesai bermain, Anda tinggal memberitahukan dengan kata penutupnya yaitu,"GOODBYE" atau "Selamat Tinggal", sebelumnya Anda juga harus membuat pernyataan kepada roh bahwasannya permainan telah usai. Pastikan roh atau arwah yang Anda panggil tadi telah pergi kembali pulang dengan cara putar kembali koin tersebut, jika terasa ringan seperti semula berarti semuanya telah kembali normal. Satu hal lagi jangan sampai lupa matikan api lilin yang menyala, hal ini banyak dipercaya sebagai perlambang telah putusnya tali penghubung antara pemain dan roh di dalam permainannya.

Kamis, 06 November 2014

HAPPY TREE FRIENDS: Kartun Terlarang untuk Anak-anak

gambar dari: fanpop.comKartun merupakan salah satu tayangan yang sangat disukai anak-anak. Hampir di setiap channel TV, program kartun selalu disajikan di setiap akhir pekan, atau bahkan setiap hari. Di chanel-chanel TV Indonesia, misalnya, program kartun banyak ditayangkan sebagai program favorit semua kalangan. Bahkan, tayangan-tayangan kartun tersebut telah menjadi konsumsi pribadi dengan menyimpannya di komputer sendiri. Kartun-kartun tersebut kebanyakan bukan buatan asli Indonesia, tapi merupakan produk import, seperti dari Jepang, Amerika, dan Malaysia.
Namun demikian, tidak semua kartun yang ditayangkan memiliki nilai positif untuk anak-anak. Banyak tayangan kartun yang mengajarkan kejelekan dalam bersikap. Dalam hal ini, Happy Tree Friends, menjadi salah satu contoh kartun yang tidak boleh ditonton untuk anak-anak. Tokoh kartun dalam Happy Tree Friends memang ditampilkan dengan bentuk yang sangat lucu dan menarik, akan tetapi tema-tema yang disajikan mencontohkan sikap kekerasan, seperti pembunuhan, mutilasi, pembalasan dendam, dan lain-lain.
gambar dari: fanpop.com
gambar dari: fanpop.com
Tayangan kekerasan baik itu dalam bentuk kartun maupun gambar asli tidak boleh dikonsumsi oleh anak-anak. Secara langsung, kartun akan mempengaruhi sikap anak dalam kehidupan sehari-harinya. Seperti yang telah terjadi beberapa tahun lalu, banyak kasus kekerasan yang dilakukan oleh anak-anak karena menonton game smackdown. Itu berarti bahwa di usia-usia meniru, anak-anak tidak boleh dibiarkan menonton program-program negatif yang akan mempengaruhi sikapnya.
Melihat kartun Happy Tree Friends, saya yakin setiap orang –bukan hanya anak-anak—akan merasa terganggu dengan tema-tema yang disajikan dalam kartun tersebut. Kartun tersebut memang belum pernah saya saksikan secara langsung di chanel-chanel TV. Kebanyakan orang menonton kartun Happy Tree Friends di komputer-komputer pribadi.
Namun demikian, meskipun kartun Happy Tree Friends tidak menjadi konsumsi umum di channel-channel TV, orang tua dan keluarga harus pandai mengawasi anak supaya tidak menonton kartun kekerasan tersebut. Secara langsung atau tidak, kartun tersebut akan berpengaruh buruk pada sikap dan perkembangan anak. Selain itu, untuk mengatasi menjamurnya kartun-kartun import, sudah saatnya bangsa Indonesia terus mengembangkan potensinya untuk menciptakan kartun-kartun sendiri. Kartun-kartun yang memiliki nilai positif harus terus dikembangkan supaya anak-anak bisa meniru kebaikan yang terdapat di dalamnya.

HOW TO PLAY DRUMS & READ NOTATION

Pertama, untuk memulai belajar main drum anda tidak perlu sebuah drum. Yang anda perlukan hanya duduk didepan komputer ini. Lho? Gimana cara? That's easy!!! Buatlah delapan ketukan dengan tangan kanan anda, tapi bunyi hitungan adalah " 1 and 2 and 3 and 4 and" (bahasa inggris). Pada setiap angka dan "and" yang anda sebutkan buatlah pukulan bersamaan dengan hitungan. Lakukan! 
"one and two and three and four and"

Sudah? Nah, itu adalah ketukan 1/8. Ingat, 1/8.
Nah, sekarang buat ketukan dengan tangan kiri pada hitungan "two"dan "four". Tangan kanan tetap membuat ketukan seperti yang pertama. 1 2 3 4... Mulai!
"one and two and three and four and".
Sudah? mudahkan? Tapi itu belum semua... step terakhir adalah membuat ketukan dengan kaki kanan yang jatuhnya pada hitungan"one" dan "three". Tapi lagi2 tangan kanan dan kiri tetap melakukan hal yang sudah anda lakukan tadi, kaki kanan tinggal memperkaya ketukan2 itu. 1 2 3 4... mulai!
"one and two and three and four and...."
Wow! Selamat, anda sekarang sudah bisa dibilang seorang 'drummer'. Tapi ingat, itu hanya permulaan. Untuk menguasai drum secara hampir menyeluruh anda setidaknya membutuhkan waktu sekitar 6 tahun, atau bahkan lebih. :)
Pada drumset nantinya, tangan kanan anda ditempatkan pada cymbal hihat (biasanya terletak pada sisi kiri anda) atau cymbal ride yang biasanya terletak di sisi kanan anda. Tangan kiri pada snare drum yang sudah pasti terletak diantara kaki anda dan kaki kanan ditaruh diatas pedal bass drum. Dan anda tinggal melakukan pukulan2 itu dan sambung pukulan itu sehingga membentuk beat yang panjang. Menyambung pukulan2 itu mudah, ketukannya akan menjadi...
""one and two and three and four and one and two and.... dst"
Simak aja ilustrasi ini agar lebih mengerti dan jika dijadikan notasi, hasilnya adalah ilustrasi ini

cara cepat belajar drum otodidak

Tips bermain drum ala sendiri :
1. independenkan tangan kiri dan kanan, jgn remehkan tgn kiri saat drumming, siapa bilang snare drum lebih penting, bagi gw permainan cymbal yg rumit dan kompleks, lebih indah.. bayangkan tgn kiri dan kananmu punya ‘otak’ yg sama
2. untuk drummer pemula yg sering pake kaki kanan saja untuk beating, mulailah menyamakuatkan kaki kiri dgn kanan, ini berguna untuk ketepatan suara bass drum saat dipukul baik kiri maupun kanan saat double pedal, juga untuk mencegah tragedi drumming paling memalukan.. OOT!! hehe..
3. berlatihlah irama ganjil, sebagai contoh jika km mainin 1234-1234, rubah jadi 1234-123, atw 123-1234, atw 123 123 1234-123 123 1234.. (hehe.. ngerti ga? tapi dgn cara seperti ini gw bisa mahamin teknik progressive!)
4. kalo sulit, pake metronome.. tapi gw ga pernah sama sekali pake! gw ga suka terpengaruh alat.. (ga alami sih menurut gw..)
5. berlatihlah ngedrum terbalik (eits, bukan kidal lo), jadi mainkan tangan kiri untuk cymbal, kanan utk snare dan bass drum pake kaki kiri jadinya (cukup aneh ya?)
6. pelajari semua genre musik
7. yg pasti, dengerin trus band2 progressive, konsentrasiin aja ke drum nya
8. sering2lah nyiptain beat2 sendiri, kreatif gitu loh..
9. hehe.. ini ga kalah penting, mainkan lagu yg irama nya cepat dengan merubah drum nya menjadi lambat, ato sebaliknya lagu yg drum nya lambat km rubah cepat, ini ngidupin aliran progressive km
10. jgn terpaku dengan ‘rule’ yg ada pada musik, musik tu bukan rumus matematika..
11. cobalah macam-macam variasi setup drum yg berbeda.
Selamat mencoba, mudah-mudahan bermanfaat.

Sinopsis Film Horor Jessabelle 2014

Sinopsis Film Horor Jessabelle 2014. Satu lagi film Hollywood bergenre horor yang akan "menghantui" anda di bulan Agustus 2014 ini. Film Jessabelle yang akan dirilis tanggal 29 Agustus 2014 ini merupakan film apik hasil kerjasama sutradara Kevin Greutert dan produser Jason Blum.

Seperti kita tahu bahwa Kevin Greutert adalah sutradara dalam 2 film terakhir Saw, sedangkan Jason Blum terkenal lihai dalam memproduksi film-film horor dengan dana biasa-biasa saja namun dengan kualitas film yang luar biasa seperti Paranormal Activity, Sinister, dan Oculus. Ketiga film horor tersebut bermasuk masuk box office.

sinopsis film jessabelle
Meskipun tak dibintangi oleh bintang-bintang papan atas, tapi film Jessabelle ini layak untuk ditunggu jadwal penayangannya dan ditonton tentunya.

Berikut Sinopsis Film Jessabelle :

Jessabelle mengisahkan tentang seorang wanita bernama Jesaabelle (Sarah Snook) yang terpaksa kembali ke rumah masa kecilnya untuk menenangkan diri setelah kehilangan tunangannya dalam sebuah kecelakaan mobil yang sangat mengerikan.

Di rumah tersebut, Jessabelle menemukan rekaman video pembacaan kartu tarot ibunya yang dibuat untuknya sebelum ibunya meninggal saat melahirkannya. Selama berada di rumah itu, dia merasa hidupnya tak tenang. Dia merasa ada roh jahat yang selalu mengikutinya bahkan saat dia ada di bak mandi.

Tampaknya roh jahat penunggu rumah tersebut mempunyai sejarah panjang dengan almarhumah ibunya. Bagaimana Jessabelle terbebas dari gangguan roh jahat tersebut? Dan siapakah sebenarnya roh jahat itu?

visitors

Flag Counter